Halaman

Rabu, 01 Mei 2013

BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Etnomedisin, istilah kontenporer untuk kelompok pengethuan luas yang berasal dari rasa ingin tahu dan metode-metode penelitian yang digunakan untuk menambah pengetahuan itu, menarik minat ahli-ahli antropologi, baik dari alasan teoritis maupun alasan praktis. Etnomedisin yang berkenaan dengan konsep kausalitas, menemukan bahwa hanya ada sedikit sekali kerangka kognitif pada masyarakat non barat yang penting untuk “ menjelaskan “tentang adanya penyakit ( desease ), ditemukan bahwa suatu bagian atas dua telah cukup untuk membedakan kategori kategori besar, atau system system . usul kami ( Foster dan Anderson ) adalah menyebut pembagian atas dua itu dengan istilah istilah personalistik dan naturalistic . walaupun istilah istilah tersebut merujuk secara khusus kepada konsep konsep kausalitas, keduanya dapat juga dipakai untuk menyebut seluruh sistem medis (yakni tidak hanya kausal , melainkan juga seluruh tingkah laku yang berhubungan, yang bersumber pada pandangan- pandangan tersebut ). Salah satu tulisan ahli antropologi yakni Erwin Ackerknecth pada tahun 1940-an, tanpa malu-malu membahas mengenai pengobatan primitif, hal ini dikarenakan mereka melakukan penelitian pada masyarakat primitif. Namun pada saat setelah Perang Dunia II, studi antropologi berubah dari masyarakat primitif ke masyarakat desa, membuat para ahli antropologi dalam hal mendeskripsikan sistem medis yang berbeda dengan sistem medis barat merasa kebingungan mengenai peristilahan. Seperti istilah Redfield yakni “pengobatan rakyat” (folk medicine), yang menimbulkan kebingungan, karena dalam masyarakat yang teknologinya maju, pengobatan populer sering pula disebut sebagai pengobatan “rakyat”. B. Rumusan Masalah 1. Apakah Pengertian Etnomedisin ? 2. Apakah Etiologi Penyakit ? 3. Bagaimana Konsep Kausalitas Dalam Sistem Personalistik ? 4. Apa Konsep-konsep Sebab-Akibat dalam Sistem Naturalistik ? 5. Apakah Unsur-unsur Emosional Dalam Teori Penyebab ? 6. Bagaimana Hubungan Sebab-Akibat ? 7. Bagaimana Pengobatan Rakyat Amerika ? 8. Bagaimana Pengobatan Rakyat Amerika Dipandang Sebagai Etnomedisin ? C. Tujuan Penulisan 1. Untuk Mengetahui Pengertian Etnomedisin. 2. Untuk Mengetahui Etiologi Penyakit. 3. Untuk Konsep Kausalitas Dalam Sistem Personalistik. 4. Untuk Mengetahui Konsep-konsep Sebab-Akibat dalam Sistem Naturalistik. 5. Untuk Mengetahui Unsur-unsur Emosional Dalam Teori Penyebab. 6. Untuk Mengetahui Hubungan Sebab-Akibat. 7. Untuk Mengetahui Bagaimana Pengobatan Rakyat Amerika. 8. Untuk Mengetahui Bagaimna Pengobatan Rakyat Amerika Dipandang Sebagai Etnomedisin. BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Etnomedisin adalah cabang antropologi medis yang membahas tentang asal mula penyakit, sebab-sebab dan cara pengobatan menurut kelompok masyarakat tertentu. Aspek etnomedisin merupakan aspek yang muncul seiring perkembangan kebudayaan manusia dibidang antropologi medis, etnomedisin memunculkan termonologi yang beragam. Cabang ini sering disebut pengobatan tradisionil, pengobatan primitif, tetapi etnomedisin terasa lebih netral. Erwin Ackerknecht, seorang dokter ahli etnologi pada tahun 1940 berbicara “pengobatan primitif”, yang dilukiskan sebagai terutama religius magis yang memanfaatkan beberapa elemen rasional (1971 ). B. Masalah Peristilahan Dalam hal mendiskripsikan system medis yang berbeda dengan system medis barat, ahli-ahli antropologi merasa kebingungan menghadapi masalah peristilahan. Semua istilah yang umum dipakai menunjukkan kesenjangan kualitatif antara pengobatan modern dan pengobatan yang merupakan hasil perkembangan budaya pribumi,suatu dikotomi yang ditekankan dengan penggunaan istilah-istilah yang kontras seperti ilmiah versus primitif, Barat versus non barat dan modern versus tradisional. Walaupun kesenjangan kualitatif itu ada, dalam suatu era relativisme kebudayaan yang ekstrim, banyak orang dikacaukan oleh istilah-istilah yang memerlukan evaluasi. Para penulis terdahulu tidak diganggu oleh masalah ini. Mereka memang meneliti masyarakat-masyarakat primitive, maka wajarlah jika mereka bicara mengenai pengobatan primitive. Karena tradisi maupun karena seringnya penggunaan di dalam kepustakaan masih terbersit keinginan untuk tetap menggunakan suatu istilah yang berasal dari kategorisasi antropologi tradisional. Ackernecht sendiri juga merasakan perlunya perubahan ; seperti dalam buku karangannya yang mengalami perubahan di tahun 1971. Namun apabila berpindah dari kerangka tipe kemasyarakatan kepada kerangka etiologi, kepada konsep tentang kausalitas penyakit, akan lebih banyak menghindari implikasi yang merendahkan dari istilah terdahulu itu dan penjelasannya yang rumit di masa berikutnya. Kami tidak mudah menghapus begitu saja kata-kata seperti “Barat”, “ilmiah”, “kontemporer” (masa kini), “non-Barat”, “tradisional”, “pribumi” (asli), namun kami yakin bahwa apabila istilah-istilah ini digunakan dalam konteks system klasifikasi dengan label istilah-istilah yang relative netral, maka istilah-istilah itu tidak akan merugikan siapapun. C. Etiologi Penyakit Setelah melakukan survei terhadap kepustakaan etnomedisin yang berkenaan dengan konsep-konsep kausalitas, kami mejadi heran waktu bahwa ada sedikit sekali kerangka kognitif pada masyarakat-masyarakat non-Barat yang penting untuk “menjelaskan” tentang adanya penyakit (disease). Kami temukan bahwa suatu pembagian atas dua telah cukup untuk membedakan kategori-kategori besar, atau sistem-sistem. Walaupun istilah-istilah tersebut merujuk secara khusus kepada konsep-konsep kausalitas,keduanya dapa juga dipakai untuk menyebut seluruh sistem-sistem medis (yakni tidak hanya kausal melainkan juga seluruh tingkah laku yang berhubungan, yang bersumber pada pandangan-pandangan tersebut). Menurut kerangka etnomedisin, penyakit dapat disebabkan oleh dua faktor. Pertama penyakit yang disebabkan oleh agen (tokoh) seperti dewa, lelembut, makhluk halus, manusia, dansebagainya. Pandangan ini disebut pandangan personalistik. Penyakit juga dapat disebabkan karena terganggunya keseimbangan tubuh karena unsur-unsur tetap dalam tubuh seperti panas dingin dan sebagainya. Kajian tentang ini disebut kajian natural atau nonsupranatural. Di dalam realitas, kedua prinsip tersebut saling tumpang tindih, tetapisangat berguna untuk mengenai mengenai konsep-konsep dalam etnomedisin (Foster danAnderson, 1986:63-64). 1. Sistem-Sistem Medis Personalistik Adalah suatu sistem dimana penyakit (illness) disebabkan oleh intervensi dari suatu agen yang aktif, yang berupa mahluk supranatural (mahluk gaib, atau dewa), mahluk yang bukan manusia (hantu, roh leluhur, atau roh jahat) maupun mahluk manusia (tukang sihir). Orang sakit adalah korbannya, objek dari agresi atau hukuman yang ditujukan khusus kepadanya untuk alasan – alasan yang khusus menyangkut dirinya saja. 2. Sistem-sistem Medis Naturalistik. Adalah penyakit (illness) dijelaskan dengan istilah-istilah sistemik yang bukan pribadi. Sistem naturalistik mengakui adanya suatu model keseimbangan, sehat terjadi karena unsur-unsur yang tetap didalam tubuh seperti panas, dingin,cairan tubuh (humor atau dosha) yin dan yang ,berada dalam keadaan yang seimbang menurut usia, dan kondisi individu dalam lingkungan alamiah dan lingkuan sosialnya. Apabila keseimbangan ini terganggu,maka hasilnya adalah timbulnya penyakit. Dikotomi sistem klasifikatoris yang hampir serupa dengan aneka terminologi digunakan pula oleh ahli-ahli antropologi lain. Sebagai contoh, kategori Seijas tentang “supranatural” dan “nonsupranatural” dekat artinya dengan kategori personalistik dan naturalistik kami, seperti yang nampak jelas pada kalimat-kalimat berikut ini : “Kategori-kategori etiologi supranatural merujuk kepada penjelasan yang menenpatkan asal usul penyakit (disease) pada kekuatan-kekuatan yang terasa dahsyat,agen-agen atau tindakan-tindakan-tindakan yang tak dapat diobservasi secara langsung. D. Konsep Kausalitas Dalam Sistem Personalistik Inti dari kausalitas dalm sistem-sistem personalistik dapat dibaca dalam tulisan Glick mengenai penduduk Gimi dar dataran tinggi Nugini: “Penyakit disebabkan oleh agen-agen yang dengan beberapa cara menjatuhkan kekuatan mereka atas diri para kosrban mereka. Agen-egen tersebut dapat berupa makhluk manusia “manusia super” atau bukan manusia ; namun senantiasa dipandang sebagai makhluk yang keras hati, yang tidak bertindak sembarangan melainkan sebagai respon terhadap motif pribadi yang disadari (Glick 1967 : 36). Peran sentral dari agen juga ditemukan dikalangan orang Abron di Pantai Gading, dimana penduduknya mempunyai kepercayaan bahwa orang menjadi sakit dan meninggal karena beberapa kekuatan terjadi atas diri mereka. “Teori orang Abron mengenai penyakit (disease) meliputi sejumlah agen yang dapat bertanggung jawab atas suatu kondisi khusus, masingmasing dihubungkan dengan suatu perangkat kemungkinan alasan-alasan untuk menyebarkan penyakit. Agen-agen itu dapat melintasi alam natural dan supranatural. Dalam menguraikan sistem-sistem dimana ide-ide tentang kausalitas personalistik menonjol, sungguh menarik, betapa orang sering kali membaca bahwa hampr semua kematian dan penyakt terjadi akibat agen-agen “sebab-sebab” yang bagi orang barat dianggap biasa, dalam anggapan penduduk cocok dengan model ini. Harley mendaftar sejumlah 16 penyebab penyakit dan kematian tak wajar, termasuk ilmu sihir, keracunan, pelanggaran pantangan, kekuatan fetish dan binatang jadi-jadian. Kasus wajar terbatas pada penyakit-penyakit yang sederhana yang diobati dengan ramuan tumbuh-tumbuhan, usia tua yang menuju ke kematian . Kepercayaan tentang kausalitas penyakit yang bersifat personalistik menonjol dalam data-data medis dan kesehatan yang tercatat dalam etnografi klasik tentang masyarakat-masyarakat primitif. E. Konsep-konsep Sebab-Akibat dalam Sistem Naturalistik Berlawanan dengan sistem-sistem personalistik,sistem-sistem naturalistic menjelaskan tentang penyakit (illness) dalam istilah-istilah sistemik yang bukan pribadi, disini agen yang aktiv tidak menjalankan peranannya. Dalam sistem-sistem ini, keadaan sehat sesaui dengan model kesembangan, apabila keseimbangan ini terganggu dari luar maupun dari dalam oleh kekuatan-kekauatan alam seperti panas,dingin atau kadang-kadang emosi yang kuat maka terjadilah penyakit. Kata-kata yang digunakan kadang-kadang menunjukkan suhu yang actual, namun lebih sering dalam tulisan itu diekspresikan keadaan yang tidak langsung berhubungan dengan panas atau dingin. Khusus untuk pengobatan penyakit naturalistik, biasanya digunakan bahan-bahan dari tumbuhan (herbalmedicine) dan hewan (animalmedicine) atau gabungan kedua. Sementara untuk penyakit personalitik banyak digunakan pengobatan dengan ritual dan magis. Sehat adalah apabila unsur-unsur dasar dalam tubuh manusia “humor”, Yin dan Yang, serta dhosa dalam Ayuverda berada dalam keadaan seimbang menurut usia dan kondisi individu. Dewasa ini ada 3 konsep penyakit dan pengobatan naturalistik yang mendominasi etnomedisin dunia. Konsep tersebut ialah patologi humoral (kini terdapat di Amerika Latin ), pengobatan Ayurveda (di India dan Negara-negara sekelilingnya) serta pengobatan tradisonal Cina. 1. Patologi Humoral Patologi humorl berdasarkan atas konsep ‘humor” (cairan) dalam tubuh manusia. Akarnya ditemukan dalam teori Yunani mengenai empat unsur (tanah,air,udara,api) yang telah dikenal sejak abad ke-6 s.M. pada masa Hippocrates (lahir tahun 460 s.M.), teori ini telah ditambah dengan konsep paralel mengenai empat kualitas yaitu panas,dingin, kering, lembab yang apabila diintegrasikan dengan teori aslinya, menghasilkan konsep empat “humor” dengan kualitas yang dihubungkannya : darah (panas dan lembab), flegma atau lendir (dingin dan lembab), empedu hitam juga disebut “murung” atau “melankoli” (dingin dan kering) serta empedu kuning atau “bertempramen buruk” (panas dan kering). Teori keseimbangan mengenai kesehatan telah berkembang di masa Yunani kuno, hal itu dibaktikan oleh deskripsi Hippocrates tentang penyakit : “Tubuh manusia mengandung darah, flegma, empedu kuning, dan empedu hitam. Unsur-unsur inilah yang membentuk tubuh manusia dan menyebabkan tubuh manusia merasakan sakit atau sehat. Sehat terutama merupakan keadaan dimana unsur-unsur tersebut merupakan substansi tersebut berada dalam proporsi yang tepat satu dengan lainnya, baik dalam kekuatan dan kuantitasnya, dan tercampur dengan sempurna. Rasa sakit timbul apabila salah satu dari substani-substansi itu menunjukkan kekurangan atau kelebihan, atau terpisah dalam tubuh sehingga tidak bercampur baik satu sama lainnya. Walaupun hipocrates nampaknya tidak secar tepat menentukan kualitas-kualitas-kualitas dari humor tersebut, ia jelas memahami kualitas-kualitasnya dan melihat bahwa berbagai humor itu juga bervariasi kuantitasnya dari tahun ke tahun, tergantung pada iklim dan cuaca. Flegma bertambah pada musim dingin karena sebagai humor yang terdingin, humor ini sesuai dengan musim dingin. Pada musim semi, kuantitas darh meningkat, dirangsang oleh hari-hari yang basah dan panas pada musim hujan . karena humor itu lembab dan panas, maka bagian dari tahun tersebut paling cocok dengan darah. Dimusim panas, walau darah tetap kuat, empedu semakin bertambah, dan menguasai tubuh selama musim panas dan musim gugur. Cuaca musim panas dan kering adalah baik bagi empedu kuning namun dengan tibanya musim gugur yang dingin dan kering, maka empedu didinginkan, dan empedu hitam berpengaruh lebih besar.. Karena adanya variasi musiman tiap tahun, menurut Hipocrates wajarlah bahwa penyakit-penyakit akan timbul hanya pada waktu-waktu tertentu saja dalam setahun karena itu, dalam pengobatannya dokter harus ingat bahwa setiap penyakit akan paling menonjol pada musim yang cocok dengan sifat-sifatnya. Sebagai tambahan, pengobatan harus ditunjukkan pada usaha melawan sebab-sebab penyakit : Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kelebihan makan disembuhkan dengan berpuasa; penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kekurangan makan disembuhkan dengan cara memberikan makanan. Penyakit-penyakit yang disebabkan dengan kerja keras disembuhkan dengan istrahat; penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kemalasan diobati dengan kerja keras. Singkatnya, dokter harus menanggulangi penyakit dengan prinsip oposisi terhadap oenyebab penyakit, sesuai dengan bentuknya, pengaruh musimnya dan pengaruh usianya, menghadapai ketegangan dengan kesantaian dan sebaliknya. Ini akan membantu pasien dan merupakan prinsip-prinsip dari penyembuhan. 2. Pengobatan Ayurveda Di india pada masa ini, banyak makanan dianggap mempunyai kualitas memanskan atau medinginkan, dan seperti dalam patologi humoral, kombinasi yang tepat dari macam-macam makanan dan ramuan-ramuan dapat memulihkan keseimbangan tubuh yang terganggu. Makanan garam (panas) meliputi telur, daging, susu, dahl, madu dan gula; makanan tonda (dingin) meliputi sari buah-buahan, yoghurt, keju asam, nasi dan air. Kepercayaan ini berasal dari pengobatan Ayurveda India, suatu sistem pengobatan pribumiyang pertama kali muncul dalm tulisan-tulisan veda pada tahap awal di abad pertama sebelum masehi. Namun naskah-naskah awal tersebut menumpahkan kata-kata kutukan terhadap setan-setan, tukang sihir, musuh-musuh; tentang jimat-jimat untuk membuang berbagai penyakit ayng didatangkan oleh setan-setan oatau oleh dewa-dewa sebagai hukuman atas dosa-dosa manusia. Menurut teori Ayurveda, alam semesta terdiri dari empat unsur yang sama, seperti yang dikenal oleh orang Yunani (bumi,air,api,udara) ditambah unsur ke lima yaitu eter (ether). Pengaturan dari kelima unsur tersebut dalam tubuh, dimana masing-masing unsur memiliki lima bentuk “halus” dan lima bentuk “material”, merupakan suatu mikrokosmos dari alam semesta. Tubuh manusia juga memiliki tiga humor yang disebut dosha yakni flegma atau cairan lendir, empedu atau cairan empedu serta angina tau gas dalam saluran pencernaan. Keadaan sehat terjadi apabila ketiga dosha tersebut berada dalam keadaan seimbang; sedangkan sakit terjadi apabila satu atau lebih dosha tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dosha juga dihubungkan dengan suai dan musim; unsure flegma diasosiasikan dengan muda dan musim pertumbuhan, empedu dihubungkan dengan usia baya dan musim hujan, sedangkan angin dengan usian tua dan cuaca dingin yang kering. 3. Pengobatan tradisional Cina Pengobatan tradisional cina mewakili kasus khusus tenang konsep sentral dalam kosmologi Cina, “pasang kekuatan yin dan yang, dimana interaksi mereka yang terus menerus berada dibalik selurh gejala ala, termasuk pembentukan dan berfungsinya tubuh manusia”. Seperti telah disebutkan, keseimbangan yang tepat antara yin dan yang dalam tubuh adalah penting untuk kesehatan. Prinsip harmoni ini, yang memandang penyakit terutama disebabkan oleh kerusakan akibat unsur luar atau dalam, sebab-sebab fisik atau mental, tetap merupakan masalah pokok dalam pengobatan Cina selanjutnya. F. Unsur-unsur Emosional Dalam Teori Penyebab Dengan berpendapat bahwa pada umumnya etiologi-etiologi medis non-Barat dapat dihimpun dibawah bab personalistik attau naturalistik, tentu kami melakukan generalisasi. Dan sebagaimana halnya dengan generalisasi, selalu ada hal-hal yang tidak dapat dimasukkan secara tepat ke dalam skema besar tersebut. Kepercayaan yang tersebar luas bahwa pengalaman-pengalaman emosional yang kuat seperti iri, takut,sedih,malu, dapa mengakibatkan penyakit, tidaklah tepat untuk ditaruh didalam salah satu dari dua kategori besar tersebut. Masalah-masalah yang inheren dalam usaha membuat suatu sistem klasifikasi yang terlalu ketat juga Nampak dalam uraian Potter mengenai hilangnya jiwa. Jiwa-jiwa kana-kanak yang merupakan korban utama, dianggap terikat secara kendor dalam tubuh-tubuh mereka, jiwa-jiwa itu dapat lepas, baik karena ketakutan atau karena hantu-hantu yang lapar atau jahat, yang memasuki tubuh dan mencuri jiwa tersebut. Pada kasus yang pertama, penyebabnya bersifat naturalistik pada kasus berikutnya hal itu jelas bersifat personalistik. G. Hubungan Sebab-Akibat Sebagaimana halnya dengan system-sistem subbudaya lainnya, sistem-sistem kausalitas penyakit menunjukkan adanya suatu harmoni dasar didalam dirinya sendiri, suatu integrasi yang rasional dalam banyak bagiannya. Dan sebagaimana halnya dengan dengan semua sistem subbudaya, sistem-sistem penyebab penyakit merefleksikan prinsip-prinsip struktural dasar,pola-pola, dan premis-premis dari kebudayaan asalnya, tempat mereka terjalin didalamnya. Berbicara secara spesifik tentang sistem-sistem medis non-Barat, kami percaya bahwa manfaat yang terbesar dari sistem klasifikasi personalistik-naturalistik adalah bahwa hal itu memungkinkan sustu reduksi dari sejumlah besar penyembuh, teknik-teknik pengobatan, peramlan dan unsur-unsur medis lainnya, yang dideskripsikan bagi masyarakat umum dalam suatu tatanan yang teratur. Apabila kita memperhatikan kepercayaan-kepercayaan dan praktek-praktek medis dalam rangka konsep kausalitas, kita lihat bahwa aspek-asoek utama launnya dari suatu sistem medis tertentu, secara logis berasal dari konsep-konsep ini.tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa apabila kita diberi gambaran yang jelas mengenai apa yang dianggap oleh masyarakat sebagai penyebab penyakit, kita dapa secra garis besar mengisi unsur-unsur lain dalam sistem medis tersebut. Sebagai keterangan lebih lanjut, etiologi-etiologi personalistik logisnya membutuhkan jenis penyembuh tertentu, seorang shaman atau peramal lain, untuk menentukan bukan hanya penyebab langsung dari suatu peyakit, melainkan juga yang lebih penting mencari siap yang berada dibelakang penyebab tersebut. Etiologi-etioogi naturalstik memerlukan jenis penyembuh lain, yakni tabib atau ahli ramuan yang mengetahui tentang obat-obatan dan pengobatan lainnya yang akan memulihkan keseimbangan badan. Baik penjelasan kausalitas naturalistik maupun personalistik tidak ada yang dapat benar-benar menangani konsep penularan, hanya melalui konsep pengembangan ilmiah tentang patogenlah maka penularan penyakit dari seorang kepada orang lain dapat dijelaskan dengan mudah. Foster (1976) belum lama ini telah membicarakan tentang prinsip hubungan yang kontras antara etiologi-etiologi personalistik dan naturalistik, yang disimpulkan sebagai berikut : 1. Etilogi-etiologi komprehensif dan terbatas Etiologi-etiologi medis personalistik merupakan bagian dari sistem-sistem penjelasan yang lebih komprehensif, sedangkan etiologi-etiologi naturalistik sebagian terbesar terbatas pada masalah penyakit. Dengan kata lain, dalam sistem-sistem personalistik, penyakit hanya merupakan suatu kasus khusus dalam penjelasan tentang segala kematangan. Dalam berbagai masyarakat dimana terdapat penjelasan personalistik bagi penyakit, kita dapatkan bahwa agen-agen yang sama, makhluk-makhluk yang sama, juga ada dibelakang segala kemalangna, misalnya kegagalan panen, kerugian finansial, pencurian, dan pertengkaran dalam keluarga. Penyakit bukan merupakan kategori yang terpisah dari kemalangan pada umumnya. Sebaliknya etiologi-etiologi yang naturalistik hanya terbatas pada penyakit-penyakit tertentu, mereka tidak ada hubungan dengan kekringan, kegagalan perburuan, pertikaian tanah, atatu gangguan-gangguan lain dalam kehidupan. Dalam hal terdapatnya dikotomi panas-dingin, peranannya ter batas pada penjelasan tentang penyakit dan bimbingan untuk pengobatannya. Sebaliknya, walaupun teman-teman yang curang dan suka yang membuat onar mungkin berada dibelakang kemalangan tersebut, mereka tidak pernah dituduh sebagai penyebab sakit. 2. Penyakit, religi, dan magi Pengobatan, magi dan religi sedemikian seringnya didiskusikan, seakan-akan ketiganya adalah bagian penting dari suatu sistem sehingga prang jarang menanyakan “Kapankah mereka itu tidak berjalan seiring?” namun apabila dihungkan antara religi dan magi dengan sistem-sistem etiologi, tampak jelas bahwa kedua pihak berkorelasi dengan sistem-sistem personalistik dan kurang sekali berhubungan dengan sistem0sistem naturalistik. Dalam sistem naturalistik, prosedur pengobatan jarang bersifat ritual, dan unsur-unsur religi magi sedikit seklai berperanan didalamnya. Tidak pernah terdengar seorang penyembuh disebut imam (laki0laki maupun perempuan), seperti yang ada pada banyak di daerah Afrika. Apabila unsur-unsur religi terdapat dalam pengobatan penyakit dalam sistem-sistem naturalistik, maka unsur0unsur tersebut secara konseptual berbeda dengan yang ada dalam sistem-sistem personalistik. Disatu pihak, praktek-ptaktek dan kepercayaan pada kedua sistem tersebut merupakan cerminan satu sama lain. Di Amerika Latin dan daerah Laut Tengah, para korban penyakit meletakkan saji-sajian sakral diatas atau didekat patung Kristus atau Bunda Maria, mereka terlibat dalam keagamaan yang ditujukan untuk penyembuhan. Namun inilah yang paling pentng, pemujaan tersebut tidak ditujukan pada makhluk-makhluk yang bertanggung jawab atas terjadinya penyakit itu, melainkan lebih kepada makhkuk-makhluk supranatural yang sebagai penasehat bagi manusia, dapat ikut campus membantu penderita dalam tiap keadaan gawat. Sebaliknya, dalam sistem personalistik, pengorbanan-pengorbanan dan saji-sajian dimaksudkan untuk berdamai degan makhluk-makhluk yang bertanggung jawab atas terjadinya penyakit tersebut. 3. Tingkatan-tingkatan penyebab Dalam melakukan generalisasi terhadap penelitiannya menegnai orang LO Dagas di Ghana, Goody menyimpulkan bahwa pada bagian terbesar dari penduduk yang buta aksara, penjelasan-penjelasan tentang penyakit yang oleh orang Barat dianggap wajar, tidak cukup untuk menerangkan tetang penyakit dan kematian. Penduduk mengetahui bahwa gigitan ular berbisa dapat menyebabkan kematian, namun ular dianggap sebagai perantara tetapi kerabat orang yang meninggal ingin mengetahui siapa-siapa dan apa yang menjadi dasar permusuhan terhadap lamarhum sehingga telah dikirim seekor ular unk menggigitnya. Pada sistem naturalistik, penyait biasa dijelaskan melalui penyebab tunggal, seperti kelebihan panas atau dingin dalam tubuh yang telah mengacaukan keseimbangan alamiah. Sistem-sistem personalistik adalah lebih kompleks, dalam arti bahwa dua tingakatn kausalitas atau lebih dapat dibedakan, dan dalam usaha penyembuhan tingkatan-tingkatan ini harus diperhitungkan. Paling sedikit dapat dibedakan antara agen personal (dukun,sihir,hantu, atau dewa) dan teknik yang digunakan oleh agen tersebut (seperti oemasukan objek penyakit, racun, pencurian jiwa, kesurupan atau ilmu sihir), namun tindakan-tindakan itu saja biasanya belum dianggap cukup. Agen pelaku yang berada dibelakang tindakan-tindakan itu harus diidentifikasi dan dibujuk atau dibuat atak berdaya, jika kesembuhan ingin dibuat permanen. Maka sebagaimana yang akan kita lihat, tingkatan kausalitas yang berbeda mata penting untuk memahami perbedaan-perbedaan landasan dalam teknik-teknik pengobatan yang terdapat dalam kedua sistem tersbut. 4. Shaman dan pengobat lainnya Sistem-sistem personalistik yang mengenal tingkatan kausalitas ganda logisnya membutuhkan penyembuh yang memiliki kekuatan Supranatural atau kekuatan ramalan magis. Shaman dan dukun sihir biasanya tidak ditemukan dikalangan penduduk yang etiologi utamanya adalah naturalistik. Baik pasien maupun penyembuh biasanya sepakat tentang apa yang telah terjadi, dan yang menjadi soal adalah penentuan tentang pengobatan yang tepat untuk memulihkan kembali keseimbangan yang hilang. Dalam sisitem-sistem naturalistik, penyembuh cenderung untuk menjadi doter, dalam arti bahwa mereka telah mempelajari keterampilan mereka melalui observasi dan praktek, dan bukan memperolehnya melaui intervensi makhluk gaib. 5. Diagnosis Sistem etiologi personalistik dan naturalistik juga dapat dibedakan berdasarkan tehnik-tehnik diagnosis. Pengobatan terhadap gejala-gejala mungkin merupakan prioritas kedua. Sebaliknya, sejauh yang berkenaan dengan penyembuh, diagnosisi merupakan hal yang kurang penting dalam sistem-sistem naturalistik, penentua penyebab dilakukan oleh si pasien sendiri atau oleh anggota keluarganya. Diagnosis oleh diri sendiri dalam masyarakat yang menganut etiologi naturalistik dilukiskan melalui apa yang dilakukan orang Tzintzuntzan, Meksiko. Apabila seorang individu merasa tidak sehat, ia akan mengingat kembali suatu pengalaman dimalam sebelumnya sehari sebelumnya, bahkan sebeulan sebelumnya, atau setahun sebelumnya, sampai suatu peristiwa diketahui dan dianggap sebagai sesuatu yang telah menimbulkan gejala yang menganggu kesehatnnya. H. Pengobatan Rakyat Amerika Pada tingkatan yang paling umum, kita dapat berbicara mengenai suatu sistem medis rakyat Amerika, yang didefenisikan sebagai semua kepercayaan dan praktek yang bukan, merupakan bagian dari kedokteran ilmiah yang kuno. Pada tingkatan yang paling khusus, kita dapa memperdebatkan tentang adanya banyak pengobatan rakyat di Amerika Serikat, sebagaimana banyaknya kelompok-kelompok etnis di sana. 1. Pengobatan rakyat Ero-Amerika Istilah Ero-Amerika digunakan menyebutkan kepercayaan dan praktek medis para imigran Eropa dan keturunannya di Amerika Serikat. Dalam tahun – tahun awal dalam kehidupan didaerah baru, pengaruh Indian terhadap pengobatan rakyat sangat besar ; dibeberapa komunitas bagian barat pada tahun pertama, dikenal beberapa dokter Indian yang reputasinya dipandang setaraf dengan dokter kulit putih (Pickard dan Buley 1945 : 36). Penduduk Amerika pada abad ke-19 yang membutuhkan pertolongan medis dapat juga berpaling pada pengobatan sekte yang terwujud dalam bentuk pengobatan Impor dijerman yaitu Hemeopati (Homephaty). Atau obat obatan apotek hidup dari Samuel Thomson , serta dari pengikut , “ Electiesim “ atau pengobatan yang telah mengalami “Reformasi “. 2. Pengobatan rakyat kulit hitam Kebalikan dari pengobatan Ero – Amerika , pengobatan tradisional kulit hitam amerika merupakan pengobatan rakyat resmi yang sepenuhnya merupakan tradisi lisan . Walaupun pengobatan etnis ini telah ada semenjak budak pertama dibawa ke Amerika Serikat , Varient yang paling dikenal, yang diumumkan “ Voodo “ Hadoo “ atau “ Sulap “ mulai terbentuk pada awal abad ke 19 disekitar New Orleans . Pengobatan rakyat kulit hitam juga mencakup unsur unsur yang melintasi lautan Atlantik langsung dari inggris. Whitten dalam studi mengenai “ ilmu gaib ( occultisme ) jahat “ dicaralina utara “ kagum dengan terhadap pengembangan praktek praktek ilmu gaib kontemporer tersebut .yang merupakan asimilasi dengan ilmu gaib eropa pada abad ke -17 dan ke -18 , yang menurut pendapat sebagai akibat dari keanggotaan pada gereja – gereja Eropa , dan khusunya di Coralina utara . 3. Pengobatan rakyat Amerika-Spanyol Studi mengenai pengobatan rakyat Amerika-Spayol berbeda dengan studi tentang pengobatan rakyat ero-amerika maupun pengobatan rakyat kulit hitam , dalam artian bahwa studi itu lebih banyak dilakukan oleh ahli-ahli antropologi dari pada ahli-ahli Folkor . sehubungan dengan cakupan yang cukup komprenhensif yang dilakukan oleh ahli ahli antropologi terhadap pengobatan rakyat lain , maka kelanjutan perhatian terhadap orang orang Amerika – Spayol diamerika latin , maka kelanjutan perhatian terhadap orang orang amerika –spanyol yang berbeda dengan rakyat lainnya. Dari ilmu singkat ketiga sistem rakyat tersebut , dapat dilihat bagaimana kepercayan-kepercayaan dan praktek prakteknya dimas kini maupun dimasa lalu mengarah kepada kolerasi kolerasi seperti yang dukemukakan pada awalnya ini tentang sistem – sistem medis non-barat . pertama-tama jelaslah bahwa antropologi etiologi dikotomi personalistik – naturalalistik cocok bagi pengobatan rakyat amerika maupun dan sistem-sistem lainnya . Etiologi –etiologi personalistik mencakup kepercayaan yang luas terhadap ilmu sihir , mata jahat , dan penyakit akibat hukuman tuhan atas dosa dosa yang diperbuat . Penyembuhan dikalangan masyarakat amerika – spayol kebanyakan tidak mengandalkan tidak mengandalkan Curandero maupun obat-obatan rumah dengan kata lain , Tuhan adalah penyembuh utama . bagi banyak penyakit ( dan kemalangan umumnya ) , penduduk amerika-spayol sering minta pertolongan orang orang suci , Bunda Maria . atau kristus , menyalakan lilin dan melakukan sembahyang pada altar altar mereka . seringkali diucapkan janji kaul atau sumpah pada krisis atau Bunda Maria : bila permintaan mereka terkabul , permohonan harus memenuhi janji janjinya. Yang sering termasuk Ziarah yng lama kekota diaman patung tersebut dipuja . namun kristus dan maria semata mata hanya perantara bagi manusia yang menjadi klien mereka , karena pada akhirnya , tuhannya juga yang menentukan hasilnya. Akhirnya adalah menarik untuk melihat , bagaimana dalam banyak pengobatan rakyat kontemperor , perbedaan antara religi , magi dan pengobatan menjadi kabur . dalam mengamati pengobatan rakyat amerika-spayol orang merasakan bahwa etiologi etiologi personalistik dan pengobatan yang berhubungan dengannya menjadi semakin maju diabandingkan dengan etiologi naturalistik . para ahli antropologi mulai dengan mempelajari pengobatan rakyat , namun dengan cepat bahkan menjadi tertarik pada masalah-masalah personalistik dan supranatural . I. Pengobatan Rakyat Amerika Dipandang Sebagai Etnomedisin Etiologi dikotomi personalistik naturalistik cocok bagi pengobatan rakyat Amerika maupun dalam sistem-sistem lainnya. Etologi-etiologi personalistik mencakup kepercayaan yang luas terhadap ilmu sihir, mata jahat, dan penyakit akibat hukuman Tuhan atau dosa-dosa yang diperbuat. Etiologi-etiologi naturalistik meliputi kepercayaan bahwa dingin dalam berbagacai cara menyebabkan penyakit, mungkin pula berbagai penyakit anak-anak yang umum, dan cedera akibat keseleo atau patah tulang(walaupun hal ini bisa pula akibat dari ilmu sihir.
BAB III PENUTUP Kesimpulan Etnomedisin merupakan studi mengenai praktek medis tradisional yang tidak berasal dari konsep medis modern, Klasifikasi penyakit lebih dibatasi pada pengaruh penyakit dan ditandai oleh variasi-variasi penyakit yang berbeda disetiap kebudayaan, Terapi didalam etnomedisin meliputi prosedur magis, religious, mekanik dan kimia. Konsep etnomedisin terbagi 2 yaitu konsep personolistik dan konsep naturalistik.Etnomedisin merupakan sub bagian dari antropologi medis dan merupakan istilah kontenporer untuk kelompok pengethuan luas yang berasal dari rasa ingin tahu dan metode-metode penelitian yang digunakan untuk menambah pengetahuan itu, menarik minat ahli-ahli antropologi, baik dari alasan teoritis maupun alasan praktis. DAFTAR PUSTAKA • Foster, George M dan Anderson. 1986. Antropologi Kesehatan. Terjemahan. Jakarta: UI Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar